Headlines News :
Home » » Menikmati Keindahan Alam yang Tertidur di Gunung Merapi

Menikmati Keindahan Alam yang Tertidur di Gunung Merapi

Written By Unknown on Sabtu, 24 Januari 2015 | 02.55

Menikmati Keindahan Alam yang Tertidur di Gunung Merapi


TINGGAL di dekat gunung berapi aktif bak duduk di atas bom waktu yang kapan saja bisa meledak. Di Jawa terdapat beberapa gunung berapi yang masih akif. Sebut saja Gunung Merapi di Yogyakarta, salah satu yang teraktif di dunia.  
Gunung Merapi adalah salah satu dari 500 gunung berapi di Indonesia, dan setidaknya ada 129 gunung lainnya di Indonesia yang masih aktif. Meskipun cukup sering meletus, Gunung Merapi sangat berperan penting bagi kehidupan orang Jawa dan Kesultanan. Letusan Merapi yang berupa lava, abu, dan mineral vulkanik yang menyebar ke daerah sekitarnya, membuat tanah-tanah subur bahkan paling subur di dunia. Inilah yang menjadikan kawasan di sekitar Gunung Merapi tetap dipadati penduduk.
 
Gunung berapi yang megah ini berbentuk kerucut, dengan ketinggian 2.911 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berperan penting dalam menentukan kehidupan kerajaan dan alam di wilayah Jawa. Pada awal abad ke-11, Kerajaan Mataram kuno menghilang secara misterius, dan tiba-tiba bergeser ke Jawa Timur. Para ilmuwan menduga bahwa kekuatan letusan Merapi pada tahun 1006 Masehi merupakan penyebab kehancuran Kerajaan Mataram.
 
Namun, kini sisa letusan Gunung Merapi menjadi salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Jejak letusan Gunung Merapi pada 2010 dikemas dalam bentuk wisata Lava Tour oleh Pemerintah Kabupaten Sleman. Anda bisa langsung mendekati bekas-bekas terjangan awan panas dan lava Merapi yang sudah dingin, terutama di Dusun Manggung, Umbulharjo. Anda yang selama ini hanya melihat lava ataupun material Merapi dari televisi atau membaca surat kabar, kini dapat melihatnya dari dekat.
 
Lava Tour meliputi kawasan Manggung, Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan. Di daerah-daerah tersebut, lava dingin mencapai ketinggian hingga 20 meter yang tentunya akan sangat menarik rasa penasaran untuk melihat dan menyentuh material gunung Merapi secara langsung.
 
Lava Tour akan dilakukan manakala Merapi dalam kondisi normal dan tidak masuk pada zona rawan Merapi. Anda yang datang diperbolehkan melihat kondisi material Merapi yang masih panas maupun perkampungan yang terbakar. Dari kawasan ini, Anda dapat menyaksikan puncak Merapi yang menjulang setinggi 2.968 meter di atas permukaan laut serta “dihiasi” asap sulfatara yang tak pernah berhenti mengepul dari mulut kawahnya, memperlihatkan bahwa gunung ini tak pernah berhenti beraktivitas.
 
Puncak Merpai menjajikan daya pikat untuk Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit pada pagi hari dengan pemandangan alami dari jajaran Gunung Ungaran, Telomoyo, dan Merbabu. Gunung Merapi dan sekitarnya menawarkan wisata gunung api, seperti udara yang sejuk, lintas alam, dan keindahan kubah lava yang masih aktif.
 
Transportasi
Tak usah khawatir untuk masalah transportasi. Ada dua cara untuk mencapai Gunung Merapi dari Kaliurang atau Selo. Dari Yogyakarta, Anda bisa pergi ke arah Utara ke resor bukit Kaliurang dengan angkutan umum atau mobil. Kaliurang berjarak 900 m di lereng Gunung Merapi. Sementara, dari Selo dapat dicapai dari Muntilan atau Boyolali walaupun jalannya berkelok-kelok namun Anda bisa menikmati pemandangan yang spektakuler.
 
Anda yang hendak mengunjungi Sleman maupun obyek-obyek wisata lainnya di lereng Gunung Merapi disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan. Dengan cara ini, Anda dapat mengunjungi tidak hanya Lava Tour melainkan juga obyek-obyek wisata lainnya dengan lebih mudah.
 
Tips
- Cuaca di puncak gunung dingin dan gelap, terutama jika Anda trekking sebelum matahari terbit sehingga dianjurkan untuk membawa senter, pakaian hangat, air, makanan, dan sepatu yang nyaman.
- Hindari daerah bahaya yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah. Jangan coba-coba dekati gunung api yang sedang meletus. Aliran lahar memiliki daya kekuatan yang besar, membentuk aliran yang mengandung lumpur dan bahan gunung api lainnya yang dapat bergerak dengan kecepatan 30-60 kilometer perjam.
- Aliran lahar dan banjir bisa datang tiba tiba, kebakaran hutan, bahkan aliran awan panas yang mematikan tidak terdeteksi jangkauannya bisa membayakan. Karenanya, pastikan Anda mendapatkan informasi yang akurat untuk status terakhir gunung ini.
- Hindari daerah-daerah yang terkena zona abu. Tutup mulut dan hidung atau kenakan masker standard kesehatan karena debu abu vulkanik berbahaya bagi pernafasan. Bagi yang memiliki riwayat penyakit pernafasan, sedapat mungkin hindari kontak dengan abu vulkanik.
- Gunakan kacamata untuk melindungi mata dan lindungi kulit dengan losion dari iritasi akibat debu vulkanik.
- Awan panas guguran (wedus gembel) ataupun guguran lava pijar merupakan manifestasi dari aktivitas gunung api yang sangat berbahaya. Dari kejauhan aktivitas Merapi yang berupa wedus gembel dan guguran lava pijar dan keadaan cuaca terang sangat indah untuk dilihat. Beberapa lokasi dapat digunakan sebagai tempat aman apabila Anda ingin menyaksikan aktivitasnya seperti di pos-pos pengamatan, gunung api yang tersebar dilereng sekitar Gunung Merapi.
- Ikuti informasi berita terakhir tentang gunung api melalui internet, media cetak, maupun elektronik.


Share this article :

1 komentar:

  1. YouTube VR - VIRTUAL REALITY - vIRTUAL REALITY - YouTube
    Watch Videos. VR and experience the best VR games in the palm of youtube video to mp3 your hand. Watch the most thrilling moments happen in Virtual Reality.

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Wisata Gunung Merapi - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template